Health

5 Penyakit yang Dialami 5 Seleb Mama

By  | 

Kehidupan selebriti Hollywood biasanya identik dengan segala sesuatu yang berbau glamor atau gosip seputar aktivitas mereka, termasuk kisah cinta yang banyak disukai orang. Padahal, sama seperti kita, para selebriti, khususnya mereka yang sudah jadi ibu, juga kerap direpotkan dengan urusan anak dan suami. Satu hal yang juga mungkin jarang diketahui banyak orang, ternyata beberapa seleb mama ini mengalami penyakit yang cukup serius. Siapa saja mereka dan apa penyakit yang dideritanya? Smart Mama merangkumnya untuk Anda

Kim Kardashian : Psoriasis

Salah satu penyakit autoimun ini dialami oleh aktris yang kini tengah hamil anak kedua, Kim Kardashian, pada tahun 2011 lalu. Waktu itu, bintang Keeping up With The Kardashians ini didiagnosa mengalami psoriasis dalam sebuah episode reality show tersebut. Kim adalah 1 dari 7.5 juta masyarakat Amerika yang mengalami psoriasis, demikian menurut National Psoriasis Foundation.

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit, dengan gejala ruam memerah, kulit terkelupas, kering, menebal, dan bersisik. Biasanya disertai rasa gatal, perih, dan muncul di seluruh bagian tubuh, namun kebanyakan mengenai siku, punggung bawah, lutut, atau kulit kepala. Meskipun belum diketahui penyebabnya, namun para ahli percaya bawah psoriasis dipicu karena stres, pengobatan tertentu, rokok, dan alkohol.

“Saya memang terdiagnosa psoriasis dan saya tidak malu mengakuinya. Saya sadar bahwa bagian tubuh saya yang terpapar psoriasis akan terlihat oleh orang lain, jadi saya tidak punya alasan untuk tidak merasa nyaman,” ujar Kim.

Pamela Anderson : Hepatitis C

Penyakit liver yang cukup dibilang serius ini dialami Pamela Anderson. Wanita seksi yang terkenal lewat serial Baywatch ini mengaku tertular Hepatitis C dari rocker Tommy Lee, mantan suaminya, pada tahun 2002 silam. Ibu dari Dylan Jagger Lee dan Brandon Thomas Lee ini menyalahkan Tommy Lee karena tak memberitahunya bahwa ia mengidap Hepatitis C. “Saya menyesal, Tommy tak pernah bilang bahwa ia positif hepatitis C. Saya tertular penyakit ini karena kami memakai jarum yang sama ketika saya membuat tato,” katanya menyesal.

Hepatitis C adalah infeksi yang menyerang organ hati dan setelah menahun dapat menyebabkan sirosis yang berbahaya. Pada beberapa kasus, orang dengan sirosis bisa mengalami gagal hati, kanker hati, hingga kematian.

 

Halle Berry : Diabetes

Sejak 26 tahun silam, aktris yang melahirkan anak keduanya, Mateo pada Oktober 2013 lalu ini didiagnosa diabetes melitus tipe 1. Waktu itu usia Halle Berry baru 22 tahun. Perlahan-lahan, peraih Academy Awards itu berusaha mengubah gaya hidup dan belajar mengontrol gula darah hingga akhirnya ia bisa ‘berpindah’ ke DM tipe 2 di tahun 2007. Walaupun demikian, hal ini dinilai mustahil karena umumnya DM tipe 1 dialami seseorang sejak ia lahir.  “Saya berhasil melepaskan diri dari ketergantungan akan insulin. Saya sadar, agar bisa ‘melawan’ penyakit ini saya harus rutin berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat setiap hari,” jelasnya.

Jamie Lynn Sigler :Lyme Disease

Wanita yang terkenal lewat serial HBO, The Sopranos, Jamie Lynn Sigler ternyata pernah mengalami penyakit lyme disease. Lewat bukunya yang berjudul Wise Girl : What I’ve Learned About Life, Love, and Loss, ibu dari  Beau Kyle Dykstra, 2 tahun, ini menceritakan penyakit kulit tersebut. Lyme disease adalah penyakit peradangan akut yang ditandai oleh ruam di kulit, peradangan sendi, dan gejala lain yang mirip dengan flu yang disebabkan oleh kutu.  Kutu yang mengandung bakteri penyebab penyakit lyme, yaitu bakteri Burgdorferi itu masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan kutu pada kulit. “Saya bersyukur mendapatkan pertolongan lewat antibiotik, namun tetap saja sulit menjelaskan rasa sakit yang saya rasakan dengan kata-kata,” ucap Jamie.

Christina Applegate : Kanker Payudara

Pada tahun 2008, aktris yang terkenal lewat beberapa film komedi, Christina Applegate divonis menderita kanker payudara. Saat itu usianya masih 36 tahun dan ia belum menjadi seorang ibu. Tak lama setelah vonis awal itu, wanita kelahiran 25 November 1971 ini lalu memutuskan untuk menjalani pembedahan di kedua payudaranya, meskipun hanya satu payudara yang dideteksi kanker stadium awal. Sejak itu, Christina langsung menjalani pola hidup sehat hingga akhirnya bisa menjalani kehidupan ‘normal’. Pada Januari 2011, ia resmi menjadi mama setelah melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Sadie Grace. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com, Various)

 

Shares