Career

6 Cara Memaksimalkan LinkedIn Anda

By  | 

Meskipun termasuk golongan sosial media, namun jaringan sosial satu ini sangat berpengaruh penting bagi karier Anda lho, Mamas. Bahkan kini banyak calon employer yang melihat profil Anda lewat LinkedIn untuk memanggil interview tanpa Anda harus mengirim lamaran. Banyak juga klien yang mencari jasa Anda melalui akun ini. Nah, agar akun LinkedIn Anda kian maksimal, yuk ikuti tip dari Smart Mama berikut.

  1. Bukan hanya mencari teman. Berbeda dengan jejaring sosial media lain yang lebih menitikberatkan pada sosialisasi dan pertemanan. LinkedIn merupakan sarana personal branding. Jadi Mams, selain ‘berteman’ dengan teman-teman yang sudah Anda kenal sebelumnya, jadikan LinkedIn sebagai wadah untuk memperluas networking kerja maupun bisnis Anda.
  2. Profil lengkap. Pastikan Anda sudah menulis profil LinkedIn secara lengkap ya Mams karena para pencari karyawan membutuhkan data lengkap mulai dari data personal hingga pendidikan serta job description Anda saat ini. Hal yang juga cukup krusial adalah foto diri Anda. Tidak perlu terlalu kaku, namun tampak profesional, jangan masukkan foto selfie ya Mams.
  3. Keep up to date. Yang satu ini juga sangat penting Mams, selalu update data terbaru Anda ya…Setiap ada perubahan jabatan, job description apalagi pindah perusahaan, jangan lupa segera perbaharui akun LinkedIn Anda.
  4. Tidak sekadar connected. Di jejaring sosial ini Anda akan menemukan orang-orang yang berprofesi sama dengan Anda atau perusahaan yang sedang diincar, segera undang mereka berteman dengan Anda di LinkedIn dan tak ada salahnya jika Anda menyapa mereka.
  5. Meminta dan memberi rekomendasi. Tak ada salahnya meminta teman atau rekan kerja untuk merekomendasikan skill Anda di LinkedIn. Sebaliknya jika Anda merasa teman atau rekan kerja berpotensi untuk suatu skill, segera rekomendasikan mereka.
  6. Share profil Anda. Eksistensi Anda di LinkedIn bisa juga Anda promosikan melalui sosial media lain yang Anda miliki. Pastikan teman-teman Anda mengetahui Anda ada di LinkedIn dan mempersilakan mereka untuk membuka profil Anda. Jangan sungkan ya Mams, karena bisa jadi teman lama Anda membutuhkan keahlian yang Anda miliki. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares