Finance

Pesta Baby Shower Hemat (dan Tetap Seru)

By  | 

Mamas to be, mengadakan pesta baby shower memang fun dan memorable. Namun, jangan sampai Anda kewalahan membayar tagihannya. Ingat Mamas, saat Si Kecil lahir nanti pengeluaran Anda pasti akan membengkak. Agar pesta baby shower tetap terlaksana dengan maksimal tapi pengeluaran tetap aman, Smart Mama punya triknya.

1. Venue
Biasanya menyewa lokasi pesta akan memakan biaya sekitar 10% dari keseluruhan biaya pesta baby shower. Daripada menyewa tempat di luar, adakan saja di rumah Anda. Selain free of charge, Anda juga bisa lebih relaks di rumah sendiri.

2. Undangan
Undangan yang dicetak langsung memang cantik, tapi biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit, minimal 5% dari biaya pesta. Lebih baik Anda mengundang para tamu via online dengan memanfaatkan email atau sosial media.

3. Dekorasi
Let’s get creative! Keluarkan barang-barang pribadi Anda, misalnya, kain unik untuk taplak meja, tempat lilin, tambahkan juga frame unik berisi gambar print bayi atau botol susu yang Anda dapatkan dari internet. Letakkan juga vas bunga cantik, isi dengan beberapa tangkai bunga warna warni yang harganya tidak terlalu mahal, misalnya mawar yang kurang lebih Rp. 10.000 setangkai, beli 5-6 tangkai, tidak terlalu mahal kan Mams? Daripada Anda harus mengeluarkan 15% dari biaya keseluruhan hanya untuk dekor.

4. Entertainment
Yang satu ini dapat menelan biaya hingga 15% lho. But come on Mamas, ini buka pesta pernikahan, Anda tidak perlu menyediakan entertainment berlebihan. Minta teman dekat atau saudara untuk menjadi MC, pasti dengan senang hati ia akan membantu Anda tanpa biaya. Pilih playlist santai bertema baby dan putar melalui laptop Anda untuk menghibur para tamu.

5. Makanan dan Minuman
Tak bisa dihindari, biaya terbesar dalam suatu pesta adalah makanan dan minuman, yaitu hampir setengah dari keseluruhan biaya pesta, yakni sekitar 45%. Siasati dengan melaksanakan pesta di sore hari, bukan saat makan siang atau makan malam. Jadi, Anda tidak perlu menyajikan makanan berat. Hal ini dapat me-reduce biaya makanan hingga 30%. Agar jauh lebih hemat, tidak perlu memesan catering, minta bantuan saudara atau teman untuk memasak bersama Anda. Pilih menu sehat, mudah dimasak, dan tentu saja lezat, seperti salad, pasta, atau sandwich. Anda juga bisa membuat dessert praktis seperti brownies yang tinggal Anda tambahkan es krim, atau membuat cupcake dan cookies yang simpel. Untuk minuman, buatlah es buah segar yang nikmat.

6. Games Seru
Membeli perlengkapan games bisa memakan biaya 10% dari keseluruhan biaya pesta. Gunakan saja kertas dan pulpen atau spidol yuk. Main tebak gambar atau nama bayi bisa dijadikan pilihan. Bisa juga games mengukur perut yang hanya menggunakan benang. Seru dan hemat! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares