Parenting

Aturan Menonton TV untuk Balita

By  | 

Ketika Si Kecil menginjak usia 3 tahun, biasanya kesukaannya akan menonton televisi semakin bertambah. Wajar sih, soalnya sekarang ia jadi mulai mengerti jalan cerita sebuah tayangan karena kemampuannya untuk mencerna suatu hal yang semakin baik. Dari nonton televisi, Si Kecil dapat belajar, bermain, dan berimajinasi. Ia dapat meniru dan mencontoh apapun yang ditontonnya, mulai dari gaya, suara, penampilan, bahkan karakter dari tokoh cerita yang dilihatnya.

Dan bukan tidak mungkin juga, lewat tayangan televisi Anda juga dapat mengetahui hobi atau bakat Si Kecil. Contoh, jika Si Kecil cenderung menyukai tayangan olahraga, bisa jadi ia hobi berolahraga atau jika ia cenderung menyukai acara musik, kemungkinan besar anak Anda berjiwa musisi dan mempunyai bakat memainkan alat musik. Namun, terlalu banyak menonton acara televisi juga tidak baik untuk lho, Mams. Seperti apa sih aturan yang benar? Yuk lihat tip Smart Mama berikut.

  1. Batasi waktunya. Jika Si Kecil sudah telanjur ketagihan nonton, maka kurangilah waktu menontonnya secara bertahap. Misalnya jika sebelumnya dalam sehari ‘jatah’ menonton televisinya 3 jam, perlahan Anda kurangi menjadi 2 jam. Hindari meletakkan TV di kamar dan sebaiknya matikan TV saat jam makan. Nah, saat akhir pekan atau libur sekolah, Anda bisa tambah waktu menontonnya, misalnya menjadi 4 jam per hari, Mams.
  2. Letakkan TV di tempat yang tidak nyaman. Satu alasan mengapa Si Kecil betah menonton TV adalah suasana yang Maka cobalah ubah suasana menonton TV menjadi tidak nyaman. Misalnya, dengan tidak menaruh kursi sofa yang empuk di depan TV.
  3. Pilah-pilih tayangan. Selain membatasi waktu menonton, tayangan yang ditonton juga perlu diperhatikan. Tontonan kartun petualangan atauaction yang penuh kekerasan akan membingungkan, bahkan memengaruhi perilaku Si Kecil menjadi agresif. Begitu pula dengan tayangan menyeramkan. Sebaiknya, pilih tayangan yang penuh interaksi yang menginspirasi anak untuk menirukan suara, mengucapkan kata, bernyanyi, dan menari.
  4. Luangkan waktu bersama untuk menonton. Kebersamaan antara orangtua dan anak-anaknya merupakan suatu hal yang membahagiakan. Sesekali dampingi Si Kecil saat menonton kartun kesukaannya sambil Anda membahas isi cerita dengan bahasa yang mudah dimengerti olehnya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares