Mind

Mau Tidur Anda Berkualitas? Ini Tipnya, Mams

By  | 

Mamas, tidur cukup dan berkualitas dipercaya dapat membuat pikiran lebih jernih, dan fokus, serta menyegarkan tubuh. Sementara jika tidur kurang nyenyak akan mengakibatkan bad mood, disorientasi, bahkan jika ini berkepanjangan dapat menyebabkan depresi. Nah, agar tidur Anda senantiasa berkualitas, yuk simak rekomendasi Smart Mama berikut.

  1. Tetapkan jadwal tidur. Jika memungkinkan, ada baiknya Anda tentukan jam tidur setiap hari dan mentaatinya. Hal ini ampuh menjadikan tidur Anda berkualitas karena tubuh jadi terprogram untuk istirahat pada jam tersebut.
  2. Ciptakan ritual. Hal ini memang membutuhkan trial and error, tapi pasti Anda akan menemukan ritual paling jitu untuk diri sendiri, misalnya dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau menutup mata dengan bantal.
  3. Perhatikan minuman dan makanan Anda sebelum tidur. Ini sangat penting lho Mams. Jika banyak mengonsumsi kafein bisa jadi Anda akan kesulitan tidur di malam hari. Lebih baik konsumsi susu hangat sebelum tidur. Dan jangan lupa juga Mams, perut yang terlalu penuh akan membuat tidur Anda tidak nyaman. Minimal Anda makan dua jam sebelum tidur.
  4. Buat kamar Anda nyaman. Atur pendingin udara di suhu yang sedang, terlalu dingin atau terlalu panas akan membuat Anda terjaga. Cahaya kamar juga sangat berpengaruh, matikan lampu kamar dan nyalakan lampu bercahaya redup.
  5. Matikan alat elektronik. Beberapa penelitian mengatakan alat elektronik yang aktif di sekitar Anda ketika tidur dapat menyebabkan gangguan pada tidur. Stay away from your gadget ya Mams. Jika Anda memutar musik, jangan lupa pasang timer ya.
  6. Rajin olahraga. Aktivitas satu ini memang kaya manfaat ya Mams, bahkan menjadi obat ampuh bagi Anda yang sulit tidur. Ini karena tenaga Anda terkuras dan sirkulasi darah lebih lancar sehingga tubuh terasa nyaman untuk beristirahat.

Apa Kata Selebriti tentang Pentingnya Tidur Berkualitas?

jennifer-lopez

Aktris yang juga mama Si Kembar, Max dan Emme, Jennifer Lopez mengatakan, “Sleep is my weapon, saya selalu berusaha tidur selama 8 jam sehari. Bagi saya hal terbaik untuk tubuh adalah tidur, minum banyak air putih, serta membersihkan wajah.”

mariah

Sementara itu penyanyi papan atas Mariah Carey yang juga memiliki anak kembar berkata, “Saya harus tidur selama 15 jam jika ingin bernyanyi sesuai keinginan saya.” Agar tidurnya berkualitas dan guna menjaga kesehatan tenggorokannya,  Mariah meletakkan humidifier sebanyak 20 buah di sekeliling tempat tidurnya. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com, Dok. Various)

Shares