Mind

Tip Memilih Nama Bayi

By  | 

Salah satu kegiatan menyenangkan sekaligus membingungkan untuk para calon mama adalah memilih nama untuk Si Calon Bayi. Jika banyak negara seperti New Zealand atau China mengatur masyarakatnya dalam memberi nama bayi, di Indonesia kita lebih bebas berkreasi. Berbagai referensi bisa jadi andalan, misalnya ide dari film atau buku. Bisa juga dari nama orangtua atau nama orang yang telah berjasa untuk Anda. Namun sebelum menentukan sebuah nama, mungkin tip dari Smart Mama berikut bisa membantu.

  • Keunikan nama. Ada baiknya pilih nama unik yang jarang digunakan, agar saat ia sekolah nanti tidak ada temannya yang bernama sama. Namun hindari juga nama yang terlalu unik ya Mams, jangan sampai ia merasa malu saat dewasa nanti.
  • Mudah diucapkan. Perhatikan juga huruf yang digunakan, pastikan spell nama Si Kecil mudah diucapkan. Kasihan kan Mams, jika orang sering salah memanggil namanya.
  • Meaningful. Ada ungkapan apalah arti sebuah nama, well Mamas, it means a lot! Nama adalah jati diri seseorang, dan dibaliknya, pastinya ada doa dan harapan dari Anda dan pasangan untuk Si Kecil tercinta. Oleh karena itu, penting juga ya kalau ada arti yang indah dibalik nama anak Anda.
  • Pikirkan inisial dan nama panggilan. Namanya juga anak-anak, pada masa tertentu mereka suka saling mengejek termasuk urusan nama. Agar Si Kecil tidak menjadi korban ‘bully’ karena urusan nama, perhatikan inisial dari gabungan nama yang sudah Anda pilih, misalnya nama anak Anda Brigitta Alicia Uberto jika disingkat menjadi BAU. Hindari juga nama panggilan tidak lazim seperti Si Keriting karena kebetulan rambut Si Kecil memang ikal.

Alasan Smart Mama Memilih Nama Anak

“Saya dan suami sepakat, kalau anak kami laki-laki, ia akan diberi nama berhuruf depan A seperti nama suami saya, Abdul Harris. Jika perempuan berhuruf depan D, seperti nama saya. Kebetulan kedua anak kami perempuan, akhirnya Si Sulung kami beri nama Dasya,yang berarti karunia Tuhan dalam bahasa Yunani dan Si Bungsu, Darla karena terinspirasi dari salah satu karakter favorit saya di film Little Rascals. Arti lain Darla juga singkatan dari Darling yang berarti sayang.”

Dieta, 37 tahun, mama dari Dasya, 11 tahun, dan Darla, 4 tahun

“Nama Joshua kami ambil dari Alkitab yang artinya adalah God is salvation, sementara nama belakangnya,Victorious diambil dari kata victory yang berarti kemenangan. Harapan saya dan suami, ia bisa menjadi teladan untuk orang lain dan selalu menjadi yang terdepan.”

Daniella, 32 tahun, mama dari Joshua, 3 tahun

“Nama Alisa saya pilih karena merupakan gabungan antara nama saya dan suami. Nama belakangnya kami memilih Syafira yang berarti mempersatukan. Saya berharap gadis kecil kami akan selalu mempersatukan kami dalam damai.”

Lisna, 28 tahun, mama dari Alisa, 5 tahun

“Nama putri saya, Sasikirana Ralin Utami memiliki arti yang cukup dalam, Sasikirana berarti cahaya bulan, sementara Ralin diambil  dari nama suami saya, Arlin, dan Utami diambil dari nama almarhumah ibu mertua saya yang telah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Kami berharap Sasi akan menjadi cahaya yang selalu menerangi kehidupan kami dan orang yang membutuhkan seperti Sang Eyang dulu.”

Avi, 34 tahun, mama dari Sasi, 3 tahun (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares