Mind

Tak Bisa Berhenti Khawatir? Coba 5 Trik Ini

By  | 

Sebagai seorang mama dan wanita, banyak kekhawatiran yang mungkin Anda rasakan. Mulai dari khawatir tak bisa mengasuh anak dengan sempurna, khawatir tidak bisa menemani anak sekolah, khawatir akan harga-harga yang terus melambung, hingga kekhawatiran pribadi lainnya. Dan tahukah Anda bahwa  menurut sebuah study yang dilakukan Universitas of Surrey di Inggris, kekhawatiran berlebihan, dalam jangka panjang, berpengaruh pada kesehatan Anda yaitu bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Anda tentu tak mau bukan? Yuk, stop khawatir dengan menerapkan 5 trik ini.

  1. Ubah jam tidur Anda. Peneliti di Binghamton University di New York mengatakan, orang-orang yang tidur larut malam dan memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam, biasanya memiliki pikiran negatif yang membuat mereka lebih rentan khawatir dibandingkan Anda yang punya jadwal tidur tetap. Orang-orang ini biasanya berisiko tinggi untuk cemas, depresi, dan bahkan cenderung stres.
  2. Mencium aroma jeruk bali. Mencium aroma tertentu ternyata bisa membantu mengurangi kadar stres dalam diri Anda. Sebuah study di James Cancer Hospital di Colombus, Ohio, menyebutkan menghirup aroma essential oil, khususnya jeruk bali ternyata dapat membuat tubuh menjadi relaks dan bisa membantu tubuh untuk mendapatkan energi lebih.
  3. Bernapas dalam-dalam. Menarik napas dalam-dalam atau dikenal juga sebagai pernapasan yoga memang bisa menurunkan kadar kecemasan dan juga mengurangi stres. Caranya mudah, Mam, tahan napas Anda selama 7 detik, lalu hembuskan perlahan melalui mulut dan hitung sampai 8. Ulangi hingga beberapa kali ya.
  4. Konsumsi cokelat. Siapa yang tidak suka cokelat? Mungkin Anda juga salah satu pencinta camilan manis ini. Kabar baiknya, dark chocolate ternyata bisa membantu mengurangi rasa gugup Anda. Sebuah penelitian yang dipublikasi di Journal of Proteome Research, menunjukkan mereka yang mengonsumsi 150 gr dark chocolate setiap hari selama dua minggu, ternyata mampu mengurangi level hormon stres dalam tubuh mereka.
  5. Tuliskan kekhawatiran Anda. Ambil selembar kertas, lalu tuliskan semua hal yang membuat Anda cemas atau khawatir. Menuliskan segala sesuatu yang menyangkut emosional Anda ternyata bisa meredakan ketegangan dan ketakutan Anda. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

Shares