Parenting

Ingin Mengasuh Bayi Tanpa Baby Sitter? Ini Tipnya

By  | 

Anda dan pasangan akan menjadi orangtua sebentar lagi dan sepakat untuk mengasuh Si Bayi sendiri tanpa bantuan baby sitter. Anda telah bertekad menjadi full time mom karena ingin sepenuhnya berada dekat Si Bayi selama 24 jam tiap hari. Apa saja yang harus dipersiapkan bila Anda ingin merawatnya tanpa jasa pengasuh? Berikut beberapa tipnya.

  • Pahami perawatan bayi

Meski ada pengasuh pun Anda juga perlu memahami perawatan bayi dengan baik, apalagi tanpa pengasuh. Seperti misalnya, cara menggendong yang benar, membuat dan memberi makan, memandikan, memakaikan baju, hingga membersihkan area lipatan tubuhnya secara berkala.

  • Persiapkan mental

Mental harus dipersiapkan dengan baik, mengingat butuh tenaga ekstra dalam merawat bayi. Karena ketika Si Bayi lapar, haus, celananya basah karena buang air kecil, gerah, dan lainnya, yang ia lakukan hanyalah menangis.

  • Perhatikan tumbuh kembang bayi 

Jika memutuskan tidak menggunakan baby sitter, maka Anda memahami fase-fase tumbuh kembang bayi supaya dapat memberikan stimulasi secara tepat.

  • Atur waktu 

Cobalah membuat jadwal harian Anda dari bangun tidur hingga tidur kembali. Mulai memandikan bayi, menyuapi makan bayi, bekerja, hingga menidurkan bayi kembali. Ini berguna agar Anda lebih segar dan memiliki stamina lebih. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares