Career

Q &A : Berkarier Kembali Setelah Sekian Lama

By  | 

Q : Setelah melahirkan 4 tahun lalu, saya berhenti bekerja karena ingin fokus mengurus Si Kecil. Sekarang anak saya sudah sekolah sehingga saya kadang merasa kesepian dan ingin kembali menjadi wanita karier. Kebetulan saya mendapatkan tawaran pekerjaan dari salah seorang teman lama. Apa saja yang harus saya persiapkan sebelum kembali menjadi pekerja kantoran?

Erni, mama dari Jessica, 4 tahun

A : Setelah bertahun-tahun menjadi full time mom, wajar bila Anda merindukan suasana kantor yang pernah menjadi bagian hidup Anda sebelumnya. Namun, lantaran sehari-hari Anda sudah mendedikasikan diri untuk mengasuh anak, maka orang pertama selain suami yang harus Anda beritahu mengenai rencana ini adalah Si Kecil. Minta pendapat Si Buah Hati mengenai keinginan bekerja kembali dan kemukan alasan mengapa Anda ingin berkarier lagi. Awalnya, mungkin Si Kecil akan menolak permintaan Mamas karena khawatir dirinya tak lagi menjadi prioritas bila Anda bekerja. Namun beri ia penjelasan dan pengertian bahwa meskipun waktu Anda untuknya tak lagi 24 jam setiap hari, namun Anda tetap berkomitmen untuk meneleponnya setiap hari di hari kerja dan mengurus keluarga di akhir pekan.

Setelah mendapatkan izin Si Kecil, hal lain yang perlu dipikirkan adalah siapa pengasuhnya selama Anda bekerja. Apakah Anda akan memperkerjakan nanny, mengirimnya ke daycare, atau menitipkannya pada kerabat atau orangtua Anda atau pasangan. Bila sudah menemukan pengasuh terpercaya, maka sekarang Anda tinggal mempersiapkan mental. Yakinkan diri Anda bahwa keputusan bekerja kembali merupakan hal terbaik untuk keluarga Anda. Uang yang didapatkan nantinya pun sebagian besar adalah untuk keperluan Si Kecil, bukan? Nah, sudah siap untuk kembali mengarungi karier, Mams? Happy working, Dear! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares