Education

Manfaat Bedtime Story

By  | 

Apakah Anda termasuk orangtua yang meluangkan waktu membacakan dongeng pengantar tidur untuk Si Kecil? Jika belum, yuk mulai biasakan membacakan cerita karena ternyata kegiatan ini sangat kaya manfaat baik bagi Si Kecil maupun Anda sendiri. Apa saja manfaat dari bedtime story? Yuk simak!

  1. Bonding time. Membacakan dongeng untuk anak dapat mempererat ikatan antara Si Kecil dan Anda. Ajak pasangan ikut membaca dongeng bersama, pasti keluarga kecil Anda semakin kompak.
  2. Mengenal bahasa. Bedtime story juga dapat menjadi sarana Si Kecil belajar bahasa dengan cara yang fun dan relaks.
  3. Meningkatkan kecerdasan emosi. Dongeng merupakan salah satu cara terbaik untuk mengajarkan anak mengenai kehidupan. Si Buah Hati akan belajar mengenal situasi kehidupan yang berbeda serta pesan moral dari cerita yang Anda bacakan.
  4. Memperkuat daya imajinasi. Dongeng dapat menstimulasi daya khayal Si Kecil sehingga kreativitasnya terasah.
  5. Menerapkan rutinitas. Bedtime story yang rutin dilakukan oleh Anda atau pasangan membuat Si Kecil menjadi terbiasa melakukan sesuatu secara terjadwal.
  6. Mengukur kemampuan Si Kecil. Saat bedtime story, biasanya Si Kecil akan banyak bertanya atau berkomentar. Dengan begitu, Anda jadi tahu seberapa jauh pemahaman serta kemampuan anak dalam mencerna sesuatu hal.

(Karmenita Ridwan/LD/Photo: Dok. Smartmama.com)

Shares