Pleasure

Liburan Hemat di Singapura

By  | 

Mamas, Anda dan keluarga berencana berlibur di Singapura namun dana terbatas? Simak trik Smart Mama agar liburan Anda hemat namun tetap fun.

singapore_1

Pilih Penerbangan Tepat
Anda pasti familiar mencari tiket penerbangan yang hemat dan sesuai budget. Tapi ingat Mamas, jangan pilih jadwal penerbangan yang terlalu malam hanya karena tergiur harga murah, karena biaya taksi di negara ini semakin malam semakin mahal.

Akomodasi Sesuai Budget
Penginapan di Singapura memang tergolong mahal, Anda harus rajin mencari promo hotel. Atau Anda juga dapat sewa apartemen yang umumnya menawarkan harga lebih ringan. Jika memiliki saudara atau kerabat di Singapura dan bersedia menampung Anda dan keluarga, jangan lewatkan kesempatan, biaya hotel yang sudah Anda siapkan bisa dialokasikan ke hal lain.

MRT

Transportasi Publik
Agar lebih hemat dan lebih merasakan kehidupan masyarakat lokal, gunakan bus atau MRT sebagai sarana transportasi Anda dan keluarga. Sediakan uang kecil saat Anda menggunakan bus karena mereka tidak punya uang kembalian. Jika ingin lebih praktis, beli kartu ezlink yang dapat digunakan untuk semua alat trasnportasi publik.

Jajan Hemat
Bukan rahasia lagi, makanan di negara ini harganya cukup tinggi. Daripada dana Anda habis hanya untuk makan di restoran, akali dengan makan hemat di pasar lokal seperi di Ghuh Monh Market di kawasan Buona Vista. Anda juga dapat menikmati aneka pilihan kuliner khas Singapore seperti hainanese chicken rice, char kway teow, atau nasi briyani di Maxwell Food Center yang berada di kawasan Chinatown. Coba juga Blk 216 food market dan Lavender Food House. Pada umumnya tempat makan lokal ini mematok harga sekitar SGD 2 -5 per porsi. Cukup hemat kan?

Dessert Time!
Untuk makanan penutup, tidak ada salahnya Anda mencicipi cafe yang agak ‘mahal’, misalnya PS cafe di kawasan Dempsey Hill yang menyediakan aneka kue menggoda serta aneka kopi. Coba double chocolate blackout cake yang lezat atau banana butterscotch. Kue ini berukuran cukup besar sehingga cukup untuk 2-3 orang. Di sini harga secangkir kopi sekitar SGD 5-6 untuk cake sekitar SGD16.

IMG_3426
Coba juga gerai yogurt baru Llao llao yang menyajikan yogurt lezat dengan aneka topping yang super menggoda. Kisaran harga di sini SGD 4.5-6.9.

Wisata Museum
Sesekali tak ada salahnya mengajak Si Kecil  mengunjungi museum. Selain lebih hemat daripada theme park, juga kaya ilmu. Kunjungi The National Museum of Singapore yang merupakan museum tertua di Singapore. Di sini, Anda dan keluarga dapat belajar banyak seputar sejarah Singapura dengan harga tiket masuk SGD 10 untuk dewasa dan free untuk anak.

mint
Kunjungi juga, Asian Civilization Museum yang menceritakan sejarah Cina dengan harga tiket masuk SGD 8 dan free untuk anak. Meski tergolong agak mahal, Anda bisa juga mengunjungi Museum of Toys (Mint) dengan harga SGD 15 dan free untuk anak usia 2-12 tahun. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various, Dok. Pribadi)

Shares