Mind

Pilih ART Part Time atau Full Time?

By  | 

Sebagai mama, khususnya Anda yang bekerja tentu sangat terbantu dengan adanya asisten rumah tangga (ART). Selain bisa membersihkan rumah, para ART ini juga bisa menjadi pengasuh terpercaya. Ada sebagian mama yang memilih memperkerjakan ART full time yang tinggal di rumah Anda, namun ada juga yang paruh waktu. Bagaimana dengan para mama ini? Berikut cerita mereka. Simak yuk!

“Saya lebih suka ART yang tinggal di rumah. Sebelumnya saya pernah pakai jasa yang part time, tapi seringkali mangkir alias tidak masuk dengan berbagai macam alasan. Kalau sudah begitu jelas saya pusing, karena saya ibu bekerja yang harus menyelesaikan banyak pekerjaan kantor.”

Ima, mama dari Lea 4 tahun

“Sudah setahun ini saya memakai jasa ART part time. Jadi ia datang di pagi hari dan pulang setelah saya tiba di rumah. Terus terang, saya lebih suka jasa ART part time karena ruang privacy saya lebih terjaga, dan tidak perlu menyediakan tempat untuk ia tidur.”

Wina, mama dari Kesya , 3 tahun

 “Bagi saya ART part time atau full time tidak masalah, karena saya memang sangat membutuhkan jasanya. Keduanya pasti memiliki plus dan minus masing-masing. Yang terpenting pekerjaan rumah tangga beres dan anak-anak senang diasuh oleh mereka.”

Maria, mama dari Via, 3,5 tahun

 Tip Smart Mama

Pada dasarnya, ART full time atau part time memiliki kelebihan dan kekurangan, semua tergantung dari kenyamanan Anda sebagai orang yang mempekerjakannya. ART full time biasanya memiliki gaji lebih besar dibandingkan yang part time karena ia bekerja setiap hari. Sedangkan ART part time umumnya memiliki ‘jatah libur’ di akhir pekan. Dengan adanya ART full time, artinya Anda harus menyediakan kamar khusus untuknya dan mau tidak mau privacy Anda sedikit banyak akan terganggu karena kehadirannya selama 24 jam di kediaman Anda. Namun, positifnya kapanpun Anda membutuhkan bantuannya, ART ini akan selalu ada untuk Anda. ART part time memang memberi ruang privacy yang lebih luas untuk Anda dan keluarga, namun jika memerlukan bantuan di luar ‘jam kerja’nya, maka Anda akan lebih sulit menghubunginya. So, keputusan terakhir tentu di tangan Anda sendiri, ya. Pilih yang terbaik sesuai kebutuhan Anda, Mams.

(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares