Health

5 Penyakit Umum Saat Liburan (dan Solusinya)

By  | 

Perbedaan cuaca maupun kondisi lingkungan destinasi berlibur seringkali berbeda dengan kehidupan sehari-hari Anda, belum lagi aktivitas selama liburan yang padat. Semua hal tersebut dapat memicu penyakit pada tubuh Si Kecil lho, Mam. Berikut penyakit yang umum terjadi saat liburan dan cara mengatasinya.

  1. Keracunan makanan

Hal ini kerap terjadi akibat timbulnya bakteri atau Si Kecil tidak terbiasa mengonsumsi makanan tersebut. Biasanya ia akan mengalami sakit perut, mual, dan diare.

Pencegahan: Hindari konsumsi seafood, makanan terlalu berbumbu, atau kurang matang.

Cara mengatasinya: Minum banyak air putih, beri Si Kecil pisang atau apel untuk recovery. Jika diare dan muntah berkali-kali segera bawa ke dokter.

  1. Sunburn

Paparan sinar matahari yang terlalu terik dapat merusak kulit Si Kecil.

Pencegahan: Hindari sinar matahari langsung pada pukul 12.00-15.00. Oleskan sunblock khusus anak.

Cara mengatasinya: Rendam kain atau serbet dalam air dingin dan tempelkan di area kulit Si Kecil yang terbakar. Atau berikan ia lotion yang mengandung calamine.

  1. Digigit serangga

Digigit serangga dapat menimbulkan bentol atau bahkan menjadi luka. Bagi anak alergi dapat menimbulkan efek lain seperti bengkak atau sesak napas.

Pencegahan: Ada baiknya Si Kecil menggunakan pakaian yang menutup bagian tubuhnya seperti celana panjang dan kaus. Hindari wewangian berbau terlalu menyengat.

Cara mengatasinya: Cuci bagian yang tergigit serangga dengan sabun dan air lalu keringkan dengan kain bersih. Segera larikan ke rumah sakit jika ia sesak napas terus menerus.

  1. Konstipasi

Si Kecil seringkali sulit buang air besar saat berada di lingkungan baru.

Pencegahan: Perbanyak asupan serat seperti sayur, buah, atau jus.

Cara mengatasinya: Berikan ia sirup khusus anak seperti Dulcolaxtoll.

  1. Influenza

Terlalu lelah maupun perubahan cuaca dapat memicu Si Kecil terkena flu.

Pencegahan: Jangan terlambat memberinya makan, pastikan ia cukup istirahat, serta perbanyak minum air putih.

Cara mengatasinya: Berikan secangkir minuman hangat, dan segera bawa ia tidur. Jika berlanjut, berikan paracetamol. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares