Parenting

Pendidikan Seks untuk Si Kecil

By  | 

Mamas, maraknya kasus pelecehan seksual pada anak membuat Anda sebagai orangtua harus lebih waspada. Salah satu cara yang wajib dilakukan adalah menerapkan sex education. Namun Anda harus bisa menjelaskan dengan cara dan bahasa sederhana yang balita mengerti ya, seperti:

Kenali bagian tubuh. Saat mandi, Anda dapat memperkenalkan bagian tubuh Si Kecil serta fungsinya masing-masing, termasuk alat vitalnya.
Perjelas identitas gender. Anda harus menjelaskan identitas gender yang dimiliki Si Kecil. Jelaskan juga padanya, bahwa ia memiliki lawan jenis. Contoh yang paling dekat adalah Anda dan pasangan.
Keep it private. Jelaskan juga pada anak, hanya ia yang boleh menyentuh alat vitalnya sendiri dan jika Anda harus membersihkan alat vitalnya, minta izin terlebih dahulu.
Bangun kebiasaan menjaga privasi. Biasakan Si Kecil untuk mengganti baju di kamar kecil atau ruangan tertutup, dengan begitu ia terbiasa menjaga privasi tubuhnya sendiri.
Tetap tenang. Jika Si Kecil mengeksplor alat kelaminnya atau bertanya seputar seks, Anda harus mengatasinya dengan tenang. Jawab pertanyaannya dengan jujur, simpel, dan bisa dimengerti. Tidak perlu menunjukkan ekspresi malu apalagi tertawa. Jadikan seksualitas sebagai hal yang wajar dan memang bagian dari hidupnya. (Karmenita Ridwan/LD/Photo:istockphoto.com)

Shares