Health

Cara Alami Atasi Sakit Perut Anak

By  | 

Ada kalanya Si Kecil meringis sakit perut, namun Anda tak perlu segera panik. Menurut Deborah Lonzer, MD dari Cleveland Clinic Children’s Hospital, sakit perut pada anak adalah hal biasa. Ada beberapa faktor penyebabnya, misalnya bisa ia terlambat makan atau stres. Pada beberapa kasus sakit perut terjadi akibat kram pada otot perut karena bermain atau olahraga. And the good news is, sakit perut pada anak dapat diatasi dengan cara alami sebagai berikut.

  • Berikan teh jahe hangat. Jahe mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat membantu mengurangi produksi radikal bebas. Salah satu bumbu dapur ini juga dapat menetralisasikan zat asam dalam perut.
  • Kompres perut dengan air hangat. Meletakkan botol air panas, atau mengompres perutnya dengan air hangat dapat meningkatkan peredaran darah sehingga mengurangi rasa sakit.
  • Pijat refleksi. Dalam telapak kaki terdapat berbagai macam saraf yang terhubung dengan bagian tubuh. Wilayah perut berada di tengah telapak kaki kiri. Pijat bagian tersebut perlahan, hal ini dapat membuat saraf Si Kecil lebih relaks dan rasa sakit pun menghilang.
  • Berikan buah tinggi serat. Bisa jadi sakit perut yang diderita Si Kecil akibat konstipasi, berikan ia buah tinggi serat seperti pepaya, kiwi, dan kismis.
  • Outdoor activities. Bermain dan bergerak justru dapat menghilangkan rasa sakit perut pada anak, daripada ia berbaring di tempat tidur. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares