Health

6 Cara Detoks Setelah Lebaran

By  | 

Mamas, wajar memang saat Lebaran, Anda mengonsumsi aneka makanan penggugah selera sekaligus mengandung lemak, kolesterol, dan zat gula tinggi. Pasalnya berbagai hidangan lezat tersebut hanya muncul saat hari raya saja. Tapi ingat, jangan sampai keterusan ya, usai lebaran sebaiknya Anda mulai membuang racun dan toksin dalam tubuh dengan cara berikut.

  1. Ganti konsumsi karbohidrat Anda dengan nasi beras merah. Selain berserat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan, nasi merah juga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.
  2. Perbanyak konsumsi sayuran seperti bayam dan brokoli yang ampuh mengatasi masalah kolesterol.
  3. Ganti snack dalam kemasan dengan camilan sehat seperti buah segar atau kacang-kacangan.
  4. Batasi asupan kafein dan gula. Memang awalnya Anda akan sulit untuk tidak mengonsumsinya, tetapi lama kelamaan tubuh Anda akan terbiasa. Sebaiknya perbanyak minum air putih serta teh herbal.
  5. Hindari gorengan ya Mams, banyak kok makanan lezat yang diolah dengan direbus atau dikukus. Aneka pepes bisa dijadikan pilihan.
  6. Selain menghilangkan pegal-pegal, ternyata pijat dapat membantu memaksimalkan proses detoksifikasi yang Anda lakukan, karena dapat melancarkan peredaran darah.

Selamat mencoba, Mamas! Happy holiday and stay healthy! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares