Mind

Tip Bebas Stres Saat Lebaran

By  | 

Kesibukan jelang Idul Fitri tak urung membuat para Mamas, terutama para wanita karier, pasti repot dengan urusan dapur. Apalagi ketika Asisten Rumah Tangga (ART) sudah mulai mudik ke kampung halaman. Tak perlu panik dan stres, banyak hal sederhana yang bisa dilakukan jauh hari guna meringankan beban di hari Lebaran. Menjamu tamu saat open house pun terasa semakin ringan. Praktikkan tip berikut ya.

Bersih-Bersih

Agar rumah terlihat bersih menjelang Lebaran, mintalah ART merapikan seisi rumah, terutama kulkas. Atur isi kulkas agar mudah saat Anda tak kerepotan saat akan memasak. Pisahkan antara bumbu, sayuran, dan buah-buahan. Sediakan pula ruang kosong cadangan untuk menyimpan berbagai hidangan yang sudah dimasak menjelang Lebaran nanti.

Menabung Perbekalan

Belilah sayuran yang benar-benar segar. Beli seperlunya saja, karena sayuran hanya tahan selama 2 hari. Saat membeli daging ayam, pilih yang masih segar. Cuci ayam lalu potong sesuai kebutuhan. Sebelum disimpan lumuri dengan air jeruk nipis dan simpan dalam freezer. Begitu juga ketika Anda membeli ikan, udang, atau cumi.

Jangan Timbun Makanan

Untuk masakan bersantan seperti opor, lodeh, dan gulau, baiknya disimpan terpisah. Campur santan saat masakan akan dihangatkan kembali. Jangan menimbun makanan hingga melebihi kapasitas simpan lemari es Anda. Ini akan menyebabkan suhu menjadi kurang dingin dan merusak bahan makanan.

Cucian Kotor

Masalah lain adalah menumpuknya cucian kotor. Tidak perlu panik, Mams. Beberapa laundry kiloan bisa Anda andalkan, meski memang tak banyak layanan yang masih buka di libur Lebaran. Atau, Anda bisa andalkan tukang cuci panggilan untuk jasa cuci dan setrika. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares