Relationship

Trik Menghadapi Pasangan yang Cemburuan

By  | 

Ungkapan lama mengatakan, cemburu merupakan pertanda cinta. Bila pasangan Anda cemburuan, itu karena ia sangat mencintai Anda, Mam. Tapi bagaimana bila kecemburuan suami berpengaruh pada keharmonisan rumah tangga Anda? Yuk, intip trik Smart Mama berikut.

  1. Selidiki penyebab pasangan cemburu

Banyak faktor penyebab suami Anda cemburu, misalnya rasa percaya dirinya yang kurang tinggi karena mungkin Anda sangat cantik, sementara suami merasa ia kurang tampan. Atau bisa juga karena Anda populer di kalangan rekan kerja yang kebanyakan pria. Bila Anda sudah mengetahui penyebab kecemburuan ini, maka Anda bisa meminimalisasinya dengan mengurangi jadwal makan siang bersama rekan kerja pria atau dengan meyakinkan suami bahwa Anda mencintainya dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

  1. Utamakan komunikasi

Salah satu masalah yang kerap mewarnai hubungan pernikahan adalah karena kurangnya komunikasi di antara Anda berdua. Jika Anda dan pasangan sama-sama sibuk, bukan tidak mungkin komunikasi di antara Anda berdua menjadi kurang. Bila Anda pulang lebih malam dari biasanya tapi lupa memberitahu suami ke mana Anda pergi, bukan tidak mungkin ia akan curiga dan mengira Anda pergi bersama pria lain. So, Mam, Anda menyadari betapa pentingnya komunikasi kan? Usahakan untuk selalu memberitahu pasangan mengenai aktivitas keseharian Anda, khususnya bila ada hal yang harus dilakukan di luar jadwal seharusnya.

  1. Konseling pernikahan

Bila kadar kecemburuan pasangan Anda sudah tidak bisa ditolerir lagi, misalnya ia marah hanya karena Anda chatting di Google Talk dengan sahabat pria Anda, maka ini waktunya Anda berbicara dari hati ke hati dengannya. Katakan bahwa Anda keberatan dengan perilakunya yang cemburuan dan meminta ia untuk mengubahnya. Bila pasangan Anda menolak untuk melakukan hal itu, maka sebaiknya Anda berdua meminta bantuan pihak ketiga atau mendatangi konsultan pernikahan untuk melakukan konseling. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares