Finance

Tip Bijak Kelola THR

By  | 

Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Mamas tentu sudah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), kan? Nah, saat mendapatkan THR, kebanyakan dari Anda menghabiskan bonus sejumlah satu bulan gaji tersebut khusus hanya untuk merayakan Lebaran semata . Padahal, jika Anda kelola dengan bijak, THR juga dapat menjadi tabungan masa depan keluarga, lho. Yuk Simak tip dari Smart Mama.

Bayar Kewajiban Anda dan Keluarga

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menerima THR adalah membayarkan  THR bagi orang- orang yang bekerja untuk Anda seperti asisten rumah tangga, nanny, atau supir. Dan sebagai seorang muslim, wajib bagi Anda dan keluarga untuk membayar zakat fitrah ya.

Menabung

Sisihkan sekitar 10-20% dari THR Anda untuk tabungan keluarga atau investasikan untuk hal yang berguna di masa depan, misalnya dengan deposito berjangka atau membeli logam mulia. Namun sebelum menentukan investasi pilihan, pastikan Anda sudah mempelajari jenis investasi tersebut dengan seksama.

Smart Shopping

Anda tentunya ingin tampil stylish saat hari raya nanti, namun tidak perlu berlebihan ya Mamas. Beli pakaian stylish yang benar-benar dibutuhkan, lalu mix and match dengan fashion items yang sudah Anda miliki sebelumnya. Lakukan hal yang sama untuk pasangan dan Si Kecil. Hal ini juga berlaku saat Anda berbelanja makanan, pelajari kebiasaan dan tradisi yang dilakukan oleh keluarga dan belanjalah secukupnya. Jangan sampai mubazir.

(Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares