Mind

Ditinggal ART Mudik? Siapa Takut!

By  | 

Absennya Asisten Rumah Tangga (ART) atau pembantu karena mudik selalu jadi masalah ‘klasik’ setiap hari raya Idul Fitri datang. Masalah ini bisa diatasi dengan memperkerjakan ART pengganti atau infal. Kehadiran ART infal ini bisa jadi solusi sementara ketika Anda repot mengurus rumah dan keluarga saat Lebaran. Anda tak perlu pusing lagi melihat rumah yang berantakan atau cucian tidak terurus. Simak pengalaman beberapa Smart Mama berikut.

 “Saya mengambil jasa infal untuk Lebaran karena saya memiliki 3 anak yang masih kecil. Tak mungkin saya kerjakan semua urusan rumah tanpa ART. Biasanya saya ambil dari yayasan yang terpercaya dan menyukai anak-anak. Problemnya, anak-anak tak mudah beradaptasi dengan pengasuh baru. Untuk jasa infal ini saya biasanya ambil untuk 10 hari ke depan atau sampai ART lama kembali dari mudik.”

Riska, mama dari Anya, Btari, Chaka                        

“Benar-benar repot kalau ART pulang kampung. Semuanya harus dikerjakan sendiri. Mau pakai jasa tenaga infal (pembantu pengganti) kemahalan. Tarifnya antara Rp 160-200 ribu per hari. Daripada mengeluarkan uang sebanyak itu, saya memilih mencari ART panggilan. ART panggilan ini biasanya dalam sehari ‘memegang’ dua hingga tiga rumah. Pekerjaannya hanya mencuci, menyetrika, dan beres-beres rumah. Buat saya ini jauh lebih murah dan rumah pun tetap rapi.”

Tasya, mama Safina dan Sara

“Saya sudah terbiasa ditinggal ART mudik. Untungnya anak-anak sudah cukup besar sehingga saya tidak perlu lama memakai jasa infal. Biasanya saya hanya butuh infal di 3 hari pertama Lebaran. Setelah itu anak-anak ikut membantu saya merapikan rumah seperti membersihkan tempat tidur dan mencuci piring makan mereka sendiri.”

Reina, mama dari Tania dan Jason

(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares