Mind

5 Tip Atasi Depresi pada Ibu Hamil

By  | 

Kepergian seseorang yang sangat dicintai, seperti orangtua, pasangan, atau keluarga lain tentu menyisakan kepedihan mendalam (depresi) bagi tiap orang. Jika boleh memilih, pasti tidak ada seseorang pun yang ingin dihadapkan pada kondisi seperti ini. Lalu, bagaimana bila kejadian ini terjadi saat Mamas hamil? Jangan biarkan kesedihan ini berlarut-larut ya, karena saat Anda sedih, janin di dalam kandungan pun bisa merasakan emosi tersebut. Coba atasi dengan tip Smart Mama berikut ini, yuk.

  1. Berkomunikasi. Jangan pernah memendam kesedihan Anda seorang diri ya. Ungkapan semua kepedihan hati Anda pada orang yang Anda percaya. Meskipun terdengar klise, tapi curhat memang terbukti ampuh untuk meringankan beban yang Anda rasakan dalam diri Anda.
  2. Olahraga. Wanita hamil memang tak disarankan untuk berolahraga berat, namun olahraga ringan seperti berenang dan jalan santai sangat dianjurkan untuk Anda. Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga juga bisa membuat Anda mengalihkan diri dari kesedihan.
  3. Menulis. Salah satu bentuk terapi yang murah adalah menulis. Anda hanya perlu sebuah notes dan pulpen, lalu mulailah tuliskan hal apa saja yang membuat Anda sedih. Menuangkan kesedihan dalam bentuk tulisan dipercaya dapat meringankan kesedihan. Buktikan ya, Mamas.
  4. Meditasi. Baringkan diri di dalam kasur empuk dan ruangan yang temaram. Dengarkan musik lembut dan nyalakan lilin aromaterapi seperti lavender yang memiliki wangi lembut. Buang kesedihan Anda dengan merelakskan diri ya.
  5. Coba konseling. Ini merupakan alternatif terakhir yang bisa Anda pilih bila 4 cara sebelumnya belum berhasil. Anda bisa mencari rekomendasi konseler dari teman atau kerabat yang pernah berhasil melakukan konseling mengenai depresi ini. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

Shares