Mind

5 Langkah Tangkal Stres Saat Hamil

By  | 

Tak bisa dimungkiri, stres bisa dibilang adalah ‘makanan’ sehari-hari warga kota besar. Penyebab stres antara lain kemacetan jalan hingga pekerjaan kantor yang menumpuk. Smart Mama yang tengah hamil juga rentan terkena stres. Berikut lima langkah yang bisa Anda tiru untuk menangkal stres.

1. Fokus pada Si Janin

Bayi di dalam kandungan Anda adalah yang terpenting dalam hidup Anda saat ini. Jadi, jangan sampai stres membuat Anda kelelahan dan mengganggu kehamilan Anda. Sejak usia kandungan 23 minggu, Si Janin sudah dapat mendengar suara Anda. Jadi, ajak ia bicara dan putarkan musik favorit Anda sambil mengajaknya berbicara. Kenali sebaik mungkin tubuh Anda. Bila Anda merasa lelah, tak ada salahnya segera beristirahat meskipun jam tidur malam Anda belum tiba.

2. Bicara pada pasangan

Jangan pernah ragu untuk membicarakan apapun isi hati Anda pada suami Anda. Menyimpan semua hal, terlebih ketakutan pribadi Anda dalam menghadapi persalinan, malah akan membuat Anda semakin stres. Mengutararkan perasaan Anda tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tapi juga membantu meredakan ketegangan dalam diri Anda.

3. Berolahraga

Bila sebelum hamil, Anda tidak pernah berolahraga, sebaiknya aktivitas ini mulai Anda lakukan saat hamil. Olahraga ideal untuk calon mama adalah berenang dan juga prenatal yoga. Atau jika Anda tidak punya waktu khusus untuk datang ke klub kebugaran, usahakan untuk berjalan kaki minimal 20 menit setiap hari. Selain dapat menjaga Anda tetap sehat, berolahraga juga bisa membuat Anda relaks.

4. Pijat sehat
Mama suka dipijat? Jika ya, minta suami Anda untuk memijat punggung Anda dengan lembut namun tetap ekstra hati-hati. Pijatan yang tepat dapat membantu mengurangi stres dalam diri Anda. Bila Anda menggunakan minyak aromaterapi khusus, pastikan dulu bahwa minyak ini aman untuk ibu hamil.

5. Banyak tertawa

Tahukah Mamas bahwa cara sederhana untuk membuat Anda relaks ternyata mudah, yaitu tertawa. Jadi, sediakan waktu untuk menonton film komedi favorit, janji makan siang dengan sahabat, atau membaca buku novel ringan yang sudah lama ada dalam rak buku Anda. Tertawalah sepuasnya dan say good bye to stress(Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

Shares