Health

Jaga Asupan Si Kecil Selama Liburan, Yuk

By  | 

Saat liburan, biasanya anak akan lebih aktif bergerak. Bila Anda tak menjaga asupan gizinya, bukan tidak mungkin Si Kecil malah mudah terserang penyakit. Berikut, tip yang wajib Smart Mama ketahui agar ia tetap sehat sepanjang liburan.

  • Sediakan selalu jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga, seperti nasi, kentang, atau roti. Tambahkan pula protein hewani dan nabati serta serat, agar anakdapatkan gizi seimbang.  Setelah makan, jangan lupa minum air putih.  Perlu diingat, anak-anak tak boleh kekurangan cairan selama beraktivitas.
  • Jika Si Kecil susah makan nasi, Anda bisa siasati dengan buah atau sayur. Di dalam buah dan sayur mengandung vitamin C dan bioflavonoid yang mampu menjaga kekebalan tubuh anak. Agar lebih menarik, sajikan buah-buahan dalam bentuk sop buah, atau campurkan ke dalam puding.Sumber nutrisi memang lebih baik berasal dari makanan alami yang Anda makan. Tetapi saat liburan, pola makan dan pola istirahat akan berbeda dari hari-hari normal. Tentunya, Anda membutuhkan perlakuan berbeda untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil. Oleh karena itu, siapkan multivitamin khusus untuk dikonsumsi anak-anak, beberapa hari sebelum pergi berlibur, selama liburan, dan beberapa hari sepulang dari berlibur. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares