Parenting

5 Ide Kreatif Liburan di Rumah

By  | 

Suasana liburan memang selalu menyenangkan ya, Mamas. Anda bisa menghabiskan waktu dengan pasangan dan Si Kecil selama 24 jam penuh. Nah, ada kalanya, Anda tak bisa traveling saat liburan, misalnya karena tak bisa mengambil cuti dalam waktu lama atau kondisi keuangan yang kurang memadai. Hmmm…Smart Mama mengerti masalah Anda, Mam. Liburan tetap bisa seru dan fun meskipun hanya dilakukan di rumah saja. Berikut beberapa ide untuk Anda melewati liburan kreatif yang hemat namun bermanfaat.

  1. Menanam pohon

Beli beberapa bibit tanaman seperti tomat ceri, cabai merah, dan buah naga dan ajak Si Kecil untuk ikut menamannya di pekarangan rumah Anda. Sambil menaruh bibit ini di dalam pot-pot kecil, Anda bisa sambil memberikan pengetahuan mengenai manfaat dari tiap-tiap bibit tumbuhan yang akan ditanam. Setelah itu, ingatkan Si Kecil untuk rajin memberi pupuk dan menyiram tanaman tersebut setiap hari, agar tumbuh subur sehingga lekas berbuah.

  1. Memasak bersama

Sesekali, ajak Si Buah Hati ‘turun’ ke dapur untuk menemani Anda memasak. Menu sederhana seperti puding cokelat mudah untuk dibuat bersama Si Kecil, lho. Minta ia untuk menuangkan susu ke dalam campuran gula dan tepung agar-agar sambil mengaduknya perlahan-lahan. Setelah ia selesai membantu Anda, jangan lupa ucapkan terima kasih dan beri hadiah berupa pelukan atau kecupan karena sudah berhasil menjadi ‘asisten koki’ ya.

  1. Berkemah

Bila biasanya camping merupakan aktivitas di luar ruangan, sesekali coba yuk Anda dan keluarga berkemah di dalam rumah. Bila Anda tak memiliki tenda-tendaan, Anda bisa menggunakan seprai yang dibentangkan di atas 4 buah kursi. Di bawah tenda ini, Anda bisa meletakkan kasur atau tikar tipis, bantal, dan selimut kesayangan Si Kecil. Agar suasana seperti di luar rumah, matikan seluruh lampu, lalu ganti penerangan dengan lampu cadangan yang biasa Anda gunakan saat listrik mati. Si Kecil pasti suka, deh!

  1. Membuat scrap book

Asah kreativitas Anda dan pasangan dengan membuat album foto keluarga dalam bentuk scrap book. Biarkan Si Kecil menghias tiap lembar halamannya dengan stiker, pita, atau kertas warna-warni, sesuka hatinya. Aktivitas ini tidak hanya menumbuhkan jiwa seni anak Anda, tapi juga melatih gerakan motorik halusnya lewat kegiatan menggunting dan menempel.

  1. Mengarang lagu

Aktivitas satu ini cocok untuk keluarga pencinta musik. Apabila di rumah Anda ada alat musik seperti gitar, piano, atau keyboard, mengapa tak coba untuk menciptakan lagu sederhana bersama? Tak perlu panjang-panjang, Mamas, cukup dengan 4-6  baris lirik saja dengan irama yang riang. Sttt…siapa tahu suatu hari Anda dan keluarga akan memiliki band sendiri..

So…selamat berlibur ya! (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

Shares