Mind

5 Tip Berdamai dengan Diri Sendiri

By  | 

Musuh terbesar seorang manusia adalah dirinya sendiri. Smart Mama pernah mendengar ungkapan ini, bukan? Memang, ada kalanya Anda harus ‘bertengkar’ dengan diri Anda sendiri, karena satu dan lain hal. Sangat sulit untuk melawan ego Anda sendiri jika Anda tidak mengetahui tipnya. Berikut 5 saran untuk Anda coba.

  1. Hilangkan kata sempurna dalam kamus Anda

Ketika Anda sudah memasang sebuah target terlalu tinggi tapi Anda tidak mampu untuk mencapai target itu, maka kekecewaan Anda menghampiri Anda. Oleh karena itu, sadari dalam diri Anda bahwa tak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk Anda dan tujuan-tujuan Anda.

  1. Bersabar

Anda bukan orang lain, dan orang lain tidak sama dengan Anda. Jadi ketika suatu hal dilakukan oleh orang lain dalam waktu sebulan dan ia berhasil, namun itu tidak berlaku dengan Anda, tak perlu marah. Kesabaran adalah salah satu kunci kesuksesan.

  1. Berpikir panjang sebelum bertindak

Emosi yang tak terkendali biasanya membuat seseorang bertindak terburu-buru tanpa berpikir dua kali. Nah karena waktu tak bisa terulang, maka belajarlah untuk mengelola emosi Anda sebaik mungkin, Mam. Sebab, Anda sendiri yang akan rugi nantinya.

  1. Biarkan logika dan hati Anda sejalan

Anda tidak akan bisa memiliki hati yang damai bila pikiran negatif terus memenuhi pikiran Anda. Cobalah untuk mengerti semua orang yang berbeda jalan pemikirannya dengan Anda.

  1. Mengakui kesalahan

Bagi sebagian besar orang, bukan hal mudah mengaku salah atas perilaku yang pernah dibuat terhadap orang lain. Tapi menunda meminta maaf justru membuat Anda akan merasa bersalah dalam waktu yang lama sehingga kedamaian tidak ada dalam diri Anda. (Lenny Delima/ Photo : Istockphoto.com)

 

 

Shares