Career

4 Tip Mencari Pekerjaan Baru Ketika Hamil

By  | 

Mencari pekerjaan baru saat Anda mengandung memang bukan hal yang ideal. Namun ada kalanya Anda dihadapkan pada kenyataan yang mengharuskan Anda bekerja demi membiayai kebutuhan rumah tangga. Meski terdengar tak lazim, bukan tidak mungkin Smart Mama seperti Anda mendapat pekerjaan baru walau dalam kondisi hamil. Ikuti beberapa tip berikut :

1.Bertanggungjawab

Saat Anda memutuskan bekerja dalam keadaan mengandung, Anda akan bertanggungjawab di banyak hal. Mulai dari urusan rumah, keluarga, pekerjaan, hingga kehamilan Anda sendiri. Yakinkan diri Anda bahwa Anda mampu melaksanakan semua kewajiban Anda dengan sebaik mungkin sekalipun Anda bekerja.

2.Waktu terbaik

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk Anda mulai mencari pekerjaan, baik itu mencari lewat internet atau mendatangi langsung untuk walk in interview. Anda mungkin akan mengalami sedikit morning sickness, namun setelah itu Anda sudah fit untuk mencari pekerjaan terbaik.

3. Lihat kebijakan kantor baru

Sebelum Anda menerima tawaran bekerja dalam sebuah perusahaan, ada baiknya Anda bertanya mengenai kebijakan cuti hamil yang diterapkan di sana. Pilih perusahaan yang bersedia menggaji Anda selama Anda cuti selama tiga bulan atau setidaknya menyediakan asuransi kesehatan.

4. Jangan rahasiakan kehamilan Anda

Setelah resmi mendapat pekerjaan baru, Anda pasti butuh waktu untuk beradaptasi dengan rekan-rekan kerja. Mungkin di dua minggu pertama, Anda masih belum berani untuk menceritakan kehamilan Anda kepada rekan kerja, kecuali atasan dan HRD yang sudah tahu sejak awal. Tapi, setelah dua minggu, Anda disarankan untuk berhenti menyembunyikan kehamilan dan jujur pada semua rekan kerja Anda. Ini penting, karena bukan tidak mungkin Anda butuh bantuan mereka dalam mengerjakan tugas Anda. (Lenny Delima/ Photo : Istockphotos.com)

Shares